Sosok misterius dalam lagu ne’ Salea

Siapa yang tidak tau lagu Ne’ Salea di Kalangan Sangtorayan…! Yahhh Apalagi setelah beredarnya video lagu ne’ Salea yang dinyanyikan oleh beberapa orang turis mancanegara bersama dengan seorang pemandu wisatanya yang di ulang-ulang berapa kali sampai lancar,

Dengan gaya logat bule’nya yang agak kaku ,serentak dengan riang mereka menyanyikan :

“Ne’ Salea bondon seppana,Bondon seppana,Tallu lette’na,Tallu lette’na misa’ lan tangnga misa’ lan tangnga pdullu lalan”

dari irama lagu ini dapat di terka bahwa ini adalah jenis lagu semangat/gembira,namun dari segi liriknya sepintas terdengar lucu dan aneh,bagaimana tidak secara harafia jika di artikan kedalam bahasa indonesia bondon seppana berarti : celananya molor kebawah,Tallu lette’na :Kakinya tiga,misa’ lan tangnga : Satu ditengah dan terakhir yaitu pedullu lalan : Penunjuk jalan. Ada yah manusia jenis ini…?

Tentu tidak ini hanyalah sebuah lagu yang sarat dengan istilah-istilah di Toraja.Entah apa maksud dari lagu ini ? dan siapa pula penciptanya ? Dan jawabannya PAS…Setelah dilakukan penelusuran tidak ada yang tau pasti siapa penciptanya,mengenai maksud lagu ini masyarakat juga mengartikan dengan maksud yang berbeda-beda pula.

Yang tak luput dari tanda tanya ; Siapa sebenarnya Ne’ Salea Ini ?

Ne’ Salea adalah seorang Guru Olah raga di salah satu SD Di Kec,Sanggalangi (Lembang La’bo’) Tepatnya di SD La’bo’,Dia tinggal di Daerah sekitaran dusun Pa’ Tangngan,Mungkin karena Postur tubuhnya yang pendek sehingga setiap mendapat celana pembangian (Guru Olah Raga) akan terlihat selalu molor dan terciptalah salah satu liriknya yaitu “Bondon Seppana” entah ini adalah sebuah candaan atau apa tapi tidak bisa dipungkiri bahwa lagu ini sangat Populer di Toraja (Hal ini diceritakan oleh salah satu muridnya di SD dulu/TK) yang konon katanya selalu menyanyikan lagu ini saat setelah mendapatkan bimbingan Olah raga dari pak Salea,Namun sembunyi-sembunyi karena takut di hukum.

Nah itulah sebuah cerita pekenalan singkat tentang sosok yang sangat fenomenal di Toraja Ini lewat lagu Ne’ Salea.

Salama’ Sangtorayan

Kategori

Enable referrer and click cookie to search for pro webber