Bapakku Passaungan,Bukan Berarti Saya Harus Jadi Passaung.

Hidup memang adalah sebuah pilihan yang tak akan ada habisnya,saat bangun tidur dari tempat istirahat pun kita telah diperhadapkan dengan pilihan mana yang harus dahulu kita lakukan.

Selalu respect dengan pilihan seseorang bukan berarti kita se-pasrah itu,dan tidak akan mampuh merubah keadaan untuk menjadi lebih baik bahkan menjadi yang terbaik.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa kita ada sampai sekarang ini berasal dari masalalu dan sejarah yang telah membudaya bukan berarti kita tidak bisa memilih menuju arah yang lebih baik.

Saya : Muporai iko male bang Massaung le..?

Bakka’ : Tempon nene’ sia ambe’ki passaungan nnala.

Yah sepertinya tidak ada yang salah dengan ini,Meneruskan hobby atau mungkin saja pencaharian dari orang tua kita terdahulu namun perlu kita sadari jaman sudah berubah seakan dunia tmbah lebar saja,banyak alternatif lain yang bisa menjadi pilihan terbaik menuju masa depan cerah,Semua semakin maju sudah saatnya merubah pola pikir kita jau lebih maju.

Bukan tidak mungkin kita memperbaiki yang keliru selama ini dan tidak berarti harus meninggalkan,mencibir bahkan membenci adat ataupun budaya kita,perjalanan panjang mengolah waktu berproses sampai ada yang sudah menjalar ke arah yang berbeda.

video sabung ayam di Toraja

Seperti yang kita ketahui Dulunya Bulangan Londong (Saung) memanglah bagian dari adat yaitu salah satu bagian dari Tujuh bentuk peradilan dan pengambilan keputusan terakhir dalam sebuah penyelesaian perkara (Kara-kara) atau disebut bagian dari Tarian Pitu .

Yang kemudian di istilahkan “Bulangan Londong Sembangan Suke Baratu”Namun realitanya semakin kesini kegiatan ini sudah sangat identik dengan judi,yang konon katanya karena ada sentuhan dari budaya luar kala itu.

Sahabat Sangtorayan kiranya inilah yang perlu ada Tilas Balik Bahwa kedepan itu akan banyak yang akan kita pikirkan juga beban sendiri,

Dan untuk menjadi lebih baik bukan berarti kita harus mengikuti sesuatu yang sebenarnya kita sadari bahwa itu adala keliru bukan hanya tentang sabung ayam dan sejenisnya tetapi apa pun itu kita harus belajar dan Berani mengambil sikap meninggalkan pemahaman sempit beralih ke lebih luas yang kiranya akan menuntun kita ke situasi yang lebih baik.

Dalam hal ini mungkin saja seperti menanamkan budaya untuk lanjut sekolah ke jenjang yang lebih tinggi untuk ikut bersaing di jaman yang menuju lebih maju ini ataukah terjun ke bisnis kreatif lainnya yang lebih menjanjikan.

Salama’ Sangtorayan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Kategori

Enable referrer and click cookie to search for pro webber